Tuesday, February 13, 2007

Fight the System

Baru-baru ini, q mbaca bukunya Peter Carey: True History of The Kelly Gang, yang diterbitkan sama penerbit Serambi. Gaya penuturannya sih semacam diary gitu. Ceritanya seputar kehidupan Ned Kelly dan keluarganya dan awal mula konflik keluarga Kelly dengan polisi kerajaan(Inggris tentunya) hingga Ned Kelly menjadi buronan polisi paling dicari pada usianya yang masih muda, sekitar 26 tahun. Pastinya, status buronan ini bukan sesuatu yang diinginkan Ned dan keluarganya. Ketidakadilan dan keadaan-lah yang membuat Ned dkk terpaksa lari dari polisi, sekalipun sebenarnya mereka tidak bersalah.
Kelly gang menjadi semacam komplotan Robin Hood bagi orang-orang Irlandia yang menetap di Australia sebagai salah satu koloni Inggris. Mereka dengan segera menjadi legenda yang banyak dibicarakan orang. Bahkan hingga sekarang, masih banyak yang mempertanyakan kisah sebenarnya tentang Geng Kelly sendiri, karena banyaknya desas-desus dan versi derita yang beredar.
Buku Peter Carey ini bukanlah satu-satunya buku yang mengisahkan Geng Kelly. Dalam pengantar edisi bahasa Indonesianya disebutkan beberapa buku yang pernah diterbitkan beberapa pengarang seputar kisah Geng Kelly ini. Salah satunya diadaptasi menjadi film produksi Hollywood dengan judul Ned Kelly(2003, kalo g salah). Makanya gak heran kalo kamu menemukan perbedaan2 yang cukup mendasar dari film Ned Kelly sama bukunya Peter Carey ini. Antara lain, di versi filmnya dikisahkan Ned punya hubungan (gelap) khusus dengan istri seorang polisi, tapi di versi Peter Carey ini dikisahkan Ned berhubungan serius dengan seorang wanita bernama Mary Hearn darimana Ned memperoleh seorang putri yang untuk putrinya inilah Ned menulis surat tentang kisahnya yang sebenarnya. Kemudian hubungan keluarga Kelly dengan polisi yang menyukai adik perempuan Ned yang dulunya polisi tersebut sempat membantu Ned di penjara dan mengenalkan Ned dengan Mary Hearn. Memang sih, kalo kita bandingin dengan bukunya Peter Carey ini, film tersebut terasa sangat singkat dan terkesan kurang memberi gambaran yang jelas tentang hubungan keluarga Kelly dengan polisi, juga bagaimana Ned menjadi seorang yang begitu mengenal daerah-daerah pedalaman Australia yang belum terjamah tangan tuan tanah setelah sebelumnya dididik dibawah asuhan seorang bushranger(perampok pedalaman) yang bernama Harry Power.
Yang jelas, buku ini cukup informatif dan menarik buat dibaca. Terutama kalo merasa kurang puas dengan filmnya. Geng Kelly seperti mewakili salah satu dari berbagai pemberontakan terhadap sistem dengan cara yang..yah, sayang sekali tidak menyelesaikan masalah. Padahal, sebuah sistem hanya bisa dilawan dengan sistem pula. Jika tidak, yang didapat hanyalah kesia-siaan dan kegagalan semata…
2/7/2007 7:53 PM

No comments: